IMG-LOGO
Berita Desa

Wisata di Sentra Pahat Batu Tamanagung Muntilan

Create By 03 November 2016 11 Views
IMG

Kamis, 3/11/2016 ( Tamanagung, Muntilan)

Desa Tamanagung yang berada di Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang sebagai sentra industri kerajinan pahat batu tentunya merupakan keasyikan tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjunginya.

Sepanjang jalan Jogja-Magelang atau sebaliknya Semarang-Jogja tepatnya di Dusun Sidoharjo dan Dusun Tejowarno bagi mereka para pelintas akan dapat melihat aneka hasil karya keturunan dari dinasty Sailendra yang terkenal karena berhasil membangun salah satu dari tujuh keajaiban dunia yaitu candi Borobudur yang letaknya sekitar 15 km dari Desa tamanagung, mereka para pelintas maupun wisatawan yang bermaksud ke candi Borobudur atau kembali ke kota Jogjakarta bisa melihat proses pembuatan aneka kerajinan seperti patung-patung kuno, candi-candi, gapura, maesan, lampion, maupun aneka peralatan dapur seperti cobek dan munthu.

Karena wilayah ini merupakan sentra maka bisa dijamin harga jual produk-produk kerajinan batu tentunya lebih murah daripada membeli di tempat lain.

Selain menyuguhkan beberapa jenis bentuk kerajinan khas  seperti diatas para peminat juga bisa memesan dari bahan-bahan marmer seperti untuk kebutuhan tulisan pada prasasti, nisan dan lain sebagainya.

Kesimpulannya ketika para pelancong, wisatawan maupun pelintas membeli produk-produk aseli dari sentra kerajinan batu maka mereka sebenarnya telah membeli dari para keturunan pemahat candi Borobudur yang kesohor. ( R-34 Jurnalis Desa Tamanagung)

 

 

 

IMG
IMG
IMG