Tamanagung 7/11/20

Status Gunung Merapi telah ditingkatkan levelnya dari Waspada ke Siaga oleh BPPTKG melalui rekomendasi surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi Nomor 523/45/BGV.KG/2020 tanggal 5 November 2020 perihal Peningkatan Status Aktivitas G. Merapi dari “Waspada ( Level II ) ke Siaga ( Level III ) mulai tanggal 5 November 2020 pukul 12.00 WIB.

 

Desa Tamanagung selaku desa penyangga dalam program sister village yaitu penanganan pengungsi Merapi [ada jum’at 6 November 2020 telah menerima pengungsi dari saudaranya yaitu Desa Ngargomulyo Kecamatan Dukun.

 

Desa Ngargomulyo memiliki 4 ( empat ) dusun teratas yang dekat dengan puncak Merapi dan direkomendasi memiliki potensi bahaya letusan jika sewaktu-waktu terjadi  yaitu Dusun Gemer, Dusun Karanganyar, Dusun Ngandong dan Dusun Batur Ngisor, penempatan dari para pengungsi sudah lama direncanakan dalam protap sinkronisasi yaitu dusun  Gemer menempati lapangan Futsal Stovia Dusun Tejowarno, Dusun Ngandong menempati Gedung PPP di Dusun Sidoharjo, Dusun karanganyar menempati gedung Pay di Dusun Nglawisan dan warga Batur Ngisor menempati gedung NU di Dusun Ketaron.

 

Balai Desa Tamanagung sendiri yang sedianya digunakan untuk para pengungsi dari Dusun Sabrang digunakan sebagai Posko pengendali operasi dan pelayanan dapur umum. ( r34 )