IMG-LOGO
Berita Desa

Pengrajin Topeng Kayu Muntilan

Create By oezvah 29 September 2016 14 Views
IMG

Rabu, 28/9/16 ( Tamanagung, Muntilan)

 

Tentunya kita sebagai warga negara Indonesia tidak asing lagi dengan seni membuat topeng karena di bumi nusantara ini seni topeng sudah turun temurun diajarkan sejak jaman kerajaan.

Topeng bukan saja identik dengan kemisteriusan wajah namun lebih kepada gambaran perwatakan manusia lewat karakter yang ditawarkan dan itulah mengapa seni topeng sangat digemari dan selalu ada event-event untuk menampilkan seni tersebut.

Salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh suku jawa adalah seni tari dimana peran topeng sangat mendominan didalamnya sebut saja Jathilan, Tari-tari Ramayana, dan masih banyak lagi.

Berbicara tentang seni jathilan maka kita tidak akan pernah terlepas dengan yang namanya Makara (Butha) dimana dalam keadaan hampir peperangan 2 kubu kerajaan  pastilah makhluk ini kan muncul dan membuat kekacauan dan menyulut peperangan semakin cepat.

Namun dibalik wajah bengisnya Butha amatlah menarik karena karakternya yang sangat seram dengan berbagai bentuk dan warnanya.

Ashari adalah salah satu seniman pembuat topeng butha yang berpengalaman, tengok saja hasilnya yang dipajang digaleri rumahnya di dusun ketaron, desa tamanagung, kecamatan muntilan pastilah para penggila topeng akan terpana karena tingkat kehalusan dan kematangan karakter butha buatannya.

Saat ditanya pesanannya dari mana saja mas Hari? sapaan akrabnya, maka pastilah dengan tersenyum sang seniman akan menjawab dengan malu-malu .

Bagi para penggemar bisa memesan lewat nomor kontaknya di 087719281146 atau bisa datang langsung di galery seninya di Dusun Ketaron, Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

Beberapa topeng buatannya sudah menjelajah nusantara itulah jawaban khas sembari meneguk kopi dengan rokok kreteknya. ( R-34 Jurnalis Desa Tamanagung)

IMG
IMG
IMG