Tamanagung, 18/11/2020

Mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat, Program Studi Management Penanggulangan Bencana Politeknik AKBARA memberangkatkan tim khusus ke posko pengungsian Gunung Merapi Desa Taman Agung Magelang, Selasa 17 November 2020.

keberangkatan mahasiswa politeknik akbara ke posko pengungsian bertujuan untuk belajar tata kelola managemen bencana dan membantu kegiatan posko serta pengungsian. Kegiatan mahasiswa manejemen penanggulangan bencana politeknik akbara diposko pengungsian terdapat beberapa bidang. Jumlah mahasiswa dan dosen 14 orang yang dibagi dalam beberapa bidang antara lain Dapur Umum< Du),Logistik, dan olah data pengungsi. 

Berikut rincian kegiatan yang dimaksud
1. Du (Dapur umum) : kegiatan didapur umum antara lain mempersiapkan makanan untuk para relawan dan pengungsi mulai dari mempersiapkan bahan sampai menjadikan makanan yang siap disajikan untuk para relawan dan pengungsi. Memasak dalam 3 waktu setiap hari mulai dr jam 2 pagi untuk mempersiapkan sarapan. Jam 9 pagi untuk mempersiapkan makan siang. Dan jam 3 sore untuk mempersiapkan makan malam. 

2. Logistik : serangkaian proses, yaitu perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, pengangkutan, dan penerimaan barang kebutuhan dan lainnya diposko pengungsian 

3. Olah Data Pengungsi : serangkain proses mengumpulkan semua data pengungsi yang masuk dan keluar diposko. 

Kegiatan ini tidak berlangsung hanya beberapa hari saja tetapi bersifat estafet dan continue. Mahasiswa akan berkegiatan di posko selama 3 hari sampai maksimal 1 minggu dan secara continue akan digantikan dengan mahasiswa yang telah bersedia dan siap untuk di berangkatkan ke posko desa tamanagung.