Tamanagung, 11/11/20

Sister village yang telah dibangun pada tahun 2013 silam oleh BPBD Kabupaten Magelang  antara Desa Ngargomulyo Kecamatan Dukun dan Desa Tamanagung Kecamatan Muntilan harus melaksanakan praktek lapangan sungguhan, bagaimana tidak pada tanggal 5 November 2020 BPPTKG merekomendasikan salah satunya 4 (empat ) dusun di Desa Ngargomulyo diharuskan ada evakuasi kaum rentan dulu karena peningkatan status Merapi dari Waspada ke Siaga.


Pemerintah mempunyai tagline kali ini dengan "Selamat dari Merapi , Selamat dari Pandemi" yang artinya proses penanganan pengungsi janganlah menjadi klaster baru covid-19 untuk itu dibutuhkan lebih banyak lagi ruang untuk membuat para pengungsi menjaga jarak dan tidak berkumpul.


BPBD Kabupaten Magelang segera menindaklanjutu arahan ini dengan membuat sekat-sekat sebagaimana sebuah bilik di tiap-tiap TEA yang digunakan sebagai tempat evakuasi. Desa penyangga harus kerja ekstra keras untuk memetakan kembali kebutuhan ruang bagi para pengungsi dan pemetaan ini dilaksanakan kembali oleh Pemdes Tamanagung.


Semoga dengan segala upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Desa serta kerjasama dengan para pemangku kepentingan tujuan itu semua bisa terwujud dengan baik. (tege )