"Pada hari ini, Senin (16/03) Bupati Magelang menetapkan masa tanggap darurat kejadian bencana non-alam, yaitu virus corona, di wilayah Kabuapten Magelang dengan masa tanggap darurat selama 28 hari. Tanggap darurat tersebut dikeluarkan sebagai upaya pencegahan kasus penyebaran virus," tulis BPBD Kabupaten magelang di Twitter, Senin (16/3/2020).

"Pemerintah Kabupaten Magelang juga mengimbau kepada masyarakat untuk menghentikan, menunda, atau membatasi semua aktivitas penyelenggaraan acara yang mengumpulkan banyak orang sampai batas waktu belum ditentukan," 

Kebijakan Pemerintah Kabupaten Magelang tentu akan menjadi acuan dalam menentukan  kebijakan ditingkat bawah, termasuk Pemerintah Desa Tamanagung dibawah komando  kepala desa Tamanagung Bapak Imam Sampurna..

Pola Hidup GERMAS menjadi salah satu kebijakan dalam pengendalian wabah Covid-19

  1. Melakukan Aktivitas Fisik
    Perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik; baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolah raga. 
  2. Makan Buah dan Sayur
    Menambah jumlah konsumsi makanan dari buah dan sayur merupakan contoh GERMAS yang dapat dilakukan oleh siapapun.
  3. Tidak Merokok
    Berhenti merokok menjadi bagian penting dari gerakan hidup sehat dan akan berdampak tidak pada diri perokok; tetapi juga bagi orang – orang di sekitarnya. 
  4. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
  5. Melakukan Cek Kesehatan Berkala
    Melakukan cek kesehatan secara rutin dan tidak hanya datang ke rumah sakit atau puskesmas ketika sakit saja. Langkah ini memiliki manfaat untuk dapat memudahkan mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini. 
  6. Menjaga Kebersihan Lingkungan
     Menjaga kebersihan lingkungan dalam skala kecil seperti tingkat rumah tangga dapat dilakukan dengan pengelolaan sampah. 
  7. Menggunakan Jamban
     Aktivitas buang kotoran di luar jamban dapat meningkatkan resiko penularan berbagai jenis penyakit sekaligus menurunkan kualitas lingkungan.

Selain program Germas, pemerintah Desa Tamanagung juga menggalakan Pos Pos Relawan Desa di masing masing dusun untuk menghimbau warga  dalam membatasi aktiitas diluar rumah dan melakukan pendataan dan kepada pendatang, pemudik maupun tamu yang masuk ke kampung untuk mengetahui identitasya.

Kegaiatan lainnya adalah melakukan penyemprotan Desinfektan ke rumah rumah warga dan lingkungan sekiatar.(Kegiatan dilakukan di semua dusun yang masuk wilayah Desa Tamanagung)...

Semoga Wabah Covid-19 segera berakhir dan masyarakat dapat hidup tenang dengan beraktifitas normal seperti waktu sebelumnya...Aamiin.



Oleh: Mas Nunung