Kamis, 09/03/17 ( Tamanagung Muntilan )

 

Desa Tamanagung merupakan kawasan yang sangat strategis untuk membangun kawasan ekonomi kreatif seperti budidaya ikan air tawar, mengapa tidak? Dilihat dari geografisnya Desa Tamanagung yang berada di Kecamatan Muntilan sangatlah dekat dengan sumber mata air bersih seperti sungai-sungai ,  beji ( belik ) , serta tidak dibutuhkan penggalian tanah yang terlalu dalam bila akan membuat sumur.

Seperti beberapa  kegiatan budidaya ikan air tawar yang sudah dilakukan oleh anak-anak muda Dusun ponggol, Dusun Ketaron, Dusun Bludru, Dusun Ngrancah-Nglawisan, dan Dusun Bakalan, dalam wadah kelompok pembudidaya ikan sebut saja Mina Utama yang bermarkas di Dusun Ketaron mereka adalah anak-anak muda yang peduli dan mencoba menggali ekonomi kreatif dengan tidak mengandalkan bekerja di pabrik maupun perusahaan namun bagaimana memanfaatkan potensi yang ada di wilayahnya.

Di Dusun Ponggol bahkan bukan hanya budidaya ikan yang dilakukan namun sudah merambah kepada pengolahan hasil budidaya seperti keripik nila, abon lele dan beberapa olahan khas ikan air tawar.

Selain dalam urusan pembesaran ikan anak-anak muda kreatif ini juga belajar untuk memijahkan sendiri  beberapa jenis ikan seperti ikan lele, gurami, serta nila, alasannya karena pembibitan lebih menguntungkan dari segi ekonomi daripada pembesaran yang memerlukan biaya lebih besar serta waktu yang lebih panjang.

Dinas Peternakan dan Peterikanan Kabupaten Magelang memberikan ruang kepada para penggiat usaha ini dengan cara memfasilitasi keluha-keluhan yang dirasakan oleh para pembudidaya, semisal para pembudidaya bila mendapati penyakit yang menimpa ikan peliharaan maka melalui perwakilan di tingkat Kecamatan Muntilan maupun datang sendiri langsung ke kantor di Bojong Mungkid mereka bersedia menjadi konsultan secara gratis.

Menurut salah satu pejabat di Dinas Peternakan dan Peterikanan dalam salah satu sesi pelatihan pengembangan budidaya lele dan pembuatan pakan alternative yang diselenggarakan pada bulan maret 2017 di kantor Didpeterikan Bojong mengatakan bahwa perkembangan budidaya lele di  Desa Tamanagung cukup membanggakan dengan memberikan contoh di dusun Bludru ada bantuan stimulan yang diberikan tahun 2016 lalu dan sekarang sudah berkembang menjadi beberapa kolam.

Bagi yang berminat belajar cara pembenihan ataupun pembesaran ikan  air tawar khususnya lele ataupun berminat bisnis bibit lele dapat datang sendiri ke Dusun Ketaron, Ponggol, Bakalan, Bludru yang sampai saat ini masih eksis dan berniat mengembangkan usaha ini hingga menjadi kebanggaann Desa Tamanagung ( R 34 )