TAMANAGUNG KINI PUNYA IPAL TAHU

lurah 27 Maret 2018 06:03:52 WIB

Tujuh belas pengrajin tahu di Dusun Ponalan, Desa Tamanagung diwilayah sentra industri rumah tangga RT 3, kini berharap banyak usahanya bisa tambah lancar tanpa khawatir menimbulkan gangguan pencemaran, seperti selama ini banyak dikeluhkan oleh warga sekitar. Hal ini dengan telah dibangunnya instalasi pengolah air limbah tahu oleh Badan Pengembangan dan Penelitian Kementerian PUPR, dengan menggunakan dana APBN sebesar 500 juta.  Penyerahan oleh pemerintah pusat kepada Kabupaten selenjutnya kepada Pemerintah Desa tamanagung beserta paguyuban pengarjin tahu, yang kelak mengelola dan merawat Ipal tersebut, dilakukan pada Rabu, 28 Februari 18, bersamaan dengan penyerahan bangunan  pengolahan sampah 3R di Desa gunung Pring, Kecamatan Muntilan.

                Kepala Pusat  Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi Ir.  Rezeki Peranginangin MM MSc, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa IPAL tersebut mempunyai kapasitas pengolahan sebanyak 20 m3, per hari, bekerja dengan teknologi  bacteri aerob dan an aerob, sebagai pengurai limbah. Dalam tempo beberapa bulan, hasil olahan akan menunjukkan hasil yang baik, yaitu limbah yang standart memenuhi syarat limbah untuk masuk di badan air lingkungan. Manfaat yang lain, gas buangan dengan tambahan regulator akan bisa ditangkap untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar rumah tangga.

Kepala Desa tamanagung HA Widarto SKM Mkes, menerangkan dusun Ponalan mempunyai sentra pengrajin tahu yang berada di tengah perumahan padat penduduk,  keadaan ini terkadang delematis. Satu sisi kegiatan ekonomi masyarakat harus berkembang dan  meningkat, sisi lain kegiatan produsen tahu menimbulkan dampak pencemaran lingkungan yang cukup tinggi, hal ini disebabkan dari kandungan kimia dan bau yang spesifik. Sehingga sering terjadi komplain dari penduduk sekitar.  Maka dengan terbangunnya Ipal yang sudah sangat ditunggu tunggu ini,  diharapkan pencemaran tidak terjadi minimalnya mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Seraya berharap, paguyuban harus benar benar desiplin dalam memasukkan limbah bungan jangan sampai tercampur denganlimbah domistik dan rumah tangga. Agar Ipal tetap berfungsi normal.

BOX INVOICE IPAL TAHU PONALAN

NO

MATERI

KETERANGAN

1

Sumber dana / Besaran

APBN/ 500.000.000

2

Kapasitas Pengolahan

20 M3 / hari

3

Jumlah Bak Pengolah

5 Buah ( Ekualisasi,Biodegester,Bak Reaktor sistem aerobik dan anaerobic, bak sanita / filter serta Bak untuk indikator).

4

Indikator Kualitas

Penurunan BOD, COD dan TSS di bawah ambang batas peraturan

5

Manfaat Tambahan

Kolam ikan

Obyek study

Obyek Wisata dan bermain

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Tamanagung

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Login

http://desatamanagung.magelangkab.go.id/siteman

Simponi

Simponi

E-Billing

E Billing

BPBD Kab. Magelang

KPK

kpk

Prodeskel

Prodeskel